Online Order Catering Brochures Contact
EATON ARTICLES

Eaton was first established since 1995, and has experienced
more than 18 years in the Bakery & Restaurant Industry.

Expand your knowledge about the foods you eat every day.
Be healthy and live longer!
 
 
   
     
 
9 October 2013
Tradisi Man Yue / Baby One Month / Satu Bulanan Bayi

Kita sering mendengar istilah Man Yue / Man Ye / Baby one month old / Satu bulanan bayi. Namun apakah kita tahu mengapa dan apa makna dibalik tradisi tersebut. Khususnya bagi orang tionghoa generasi muda, sudah selayaknya tahu tradisi ini agar terus tetap terjaga turun temurun. 

Upacara Man Yue adalah perayaan bayi berumur satu bulan. Perayaan ini menjadi momen berbagi kebahagiaan para orang tua atas kelahiran momongan baru mereka kepada teman-teman, keluarga, sahabat dan sanak saudara. Biasanya secara tradisi, nama bayi akan diberitahukan pada saat itu juga. 

Tamu tamu yang menghadiri pesta telur merah dan jahe itu akan membawakan berbagai kado. Angpao selalu diberikan kepada bayi laki-laki, sementara bayi perempuan akan mendapatkan berbagai perhiasan mahal. Para tamu undangan tidak meninggalkan pesta dengan tangan yang kosong. Orang tua sang bayi akan memberikan telur merah kepada mereka menandakan kebahagiaan dan sebuah permulaan hidup yang baru dengan hadirnya sang bayi.

Pesta telur merah dan jahe berasal dari budaya Tiongkok kuno. Sama seperti di negara negara lain, angka kematian bayi di Tiongkok zaman dahulu cukup tinggi sebelum berkembangnya ilmu pengobatan modern pada abad ke 20. Oleh karenanya, seorang bayi yang telah berusia satu bulan kemungkinan besar dapat bertahan hidup sampai dewasa, makanya diadakan sebuat pesta untuk merayakan hal itu.

Secara tradisi, umur bayi satu bulan juga merupakan waktu ibu istirahat satu bulan setelah melahirkan tanpa keluar rumah. Ini juga merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan kembali sang ibu kepada masyarakat luar, orang Tionghoa percaya bahwa ibu-ibu berada dalam kondisi tubuh paling lemah sepanjang masa hidupnya sehabis melahirkan. 

Sama seperti adat orang inggris yang meminta ibu ibu istirahat untuk beberapa waktu sehabis persalinan, ibu ibu orang Tionghoa secara tradisional telah melakukan istirahat di dalam rumah selama sebulan penuh sehabis melahirkan tanpa keluar rumah. Ini untuk memastikan agar mereka tidak jatuh dalam kondisi yang terlalu lelah, atau tidak terjangkiti oleh berbagai kuman penyakit dari dunia luar yang dapat membahayakan mereka pada saat tubuh dalam kondisi paling lemah. Selain beristirahat, mereka minum sup daging hasil rebusan dari kaki babi, telur, cuka dan jahe, kebanyakan dari ibu ibu muda masih mengikuti cara ini sampai sekarang.

Pada zaman dulu, sesuai dengan pentingnya anak laki-laki dalam tradisi orang Tionghoa, pesta telur merah dan jahe kadang-kadang hanya dirayakan kepada bayi laki-laki saja, atau perayaan buat bayi laki-laki lebih megah dibanding bayi perempuan, tetapi sekarang, pesta dirayakan untuk bayi jenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

Di tahun tahun terakhir, lingkungan/tempat merayakan pesta telur merah dan jahe telah mengalami perubahan. Para orang tua mungkin akan memilih untuk merayakan pesta tersebut di sebuah restoran yang mewah. Para orang tua juga dapat menggunakan telur dengan warna merah muda (tidak harus merah tua) dalam perayaan itu telur dengan jumlah angka jamak adalah untuk bayi laki-laki : telur dengan jumlah angka ganjil adalah untuk bayi perempuan.

Tradisi ini juga masih terlihat pada keluarga keturunan Tionghoa di Indonesia: pada saat bayi mereka berusia satu bulan, mereka akan mengirimkan paket telur merah dan ayam goreng (atau kue) kepada sanak saudara atau rekan-rekan yang memberikan kado kelahiran untuk sang bayi.

 
Keywords :
baby one month, bingkisan bayi, bingkisan man yue, man yue, man ye, asal usul man yue, baby one month, sejarah man yue, sejarah satu bulanan bayi
 
Back to List << Previous     |      Next >>
 

 
FEATURED ARTICLES
Lunch di Eaton Bakery and Restaurant
Asal mula Kue Bulan / Moon Cake / Tiong Chiu Pia
Sweetmoon. Special Gift from Jakarta!
Ah.. Sedapnya Kwetiau Penang dan Wonton Soup!
Sejarah Kue Lapis alias Spekkoek
 
 
 
 
     
© 2013 - 2017 Eaton Bakery & Restaurant
Customer Service: 08111 3434 78 / 0817 970 2091